RENCANA PELAKSANAAN BELAJAR (RPP)
Satuan
Pembelajaran : SMP
Kelas/n
Smester : VII
Mata
Pelajaran : Penjasorkes
Pertemuan
: Satu
Waktu
: 2 x 40 Menit
Sub
Pokok Bahasan : Forheand dalam Permainan Tenis Meja
A. Standar
Kompetensi :
Mempraktekkan variasi
dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil
lanjutan dengan konsisten serta nilai kerjsama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan dan bersedia berbagai tempat dan peralatan.
B. Kompetensi
Dasar :
Mempraktikkan variasai
dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil
lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, tolereransi,
percaya diri, keberaniaan, menghargai lawan, bersedia berbagai tempat dan
peralatan.
C. Indikator
:
Melakukan teknik
pukulan forehand tenis meja
Dapat bekerjasama
dengan teman dalam kelompok
Mengetahui bentuk
teknik pukulan forehand tenis meja
D. Tujuan
Pembelajaran :
Siswa dapat melakukan
teknik pukulan forehand dengan benar
Siswa dapat dapat
bekerjasama dengan teman dalam kelompok dengan benar
Siswa dapat mengetahui
bentuk teknik pukulan forehand tenis meja
E. Materi
Pembelajaran :
Permainan bola kecil tenist meja pukulan forehand
F. Alokasi
Waktu : 2 x 40
G. Metode
Pembelajaran :
Komando, Ceramah, Demonstrasi, Resiprocal, Saintific dan
Praktek.
H. Kegiatan
Pembelajaran :
a) Kegiatan
Pendahuluan 15 menit.
1. Berbaris,
berdoa, presensi, apersepsi, dan Pemanasan,

Gambar 1
Berbaris.
Pemanasan Umum :
Permainan Kecil tanpa
alat : Hitam Hijau
Lapangan terbuka 10 x
10 M.
Aturan Permainanya:
Anak-anak
dibariskan menjadi dua syaf di tengah-tengah di tengah lapangan, masing-masing
syaf berhadapan/ saling membelakangi atau dengan kata lain anak-anak mempunyai
pasangan dari syaf lainya. Syaf yang satu di beri nama hitam dan syaf yang lain
hijau,
Tugas
setiap syaf memperhatikan atau mendengarkan syaf yang disebutkan guru, bila
guru menyebut hijau berarti yang lari hijau dan yang mengejar hitam begitu juga
sebaliknya.
Pemain yang tertangkap
dapat hukuman lompat 5x,

Gambar 2. Permainan
Hitam Hijau
2.
Pemanasan Khusus;
Permainnya
: Memasukan bola pimpong ke kotak.
Aturan
Permainya :
Anak-anak
dibariskan dua berbanjar yang anggotannya dibagi sama banyak. Anak paling depan
memegang bola pimpong dan bad/ raket. Lalu bola tersebut diletakkan diatas bad/
raket. Anak secepat mungkin berlari ke garis depanya dengan jarak 5 meter.
Kemudian anak tersebut memasukan bola ke kotak dengan cara pukulan forehand.
Memasukan bola 2 x, selanjutnya anak tersebut berlari ke barisan belakang,
setelah bad dan bola diberikan ke teman yang selanjutnya.
b)
Kegiatan Inti 45 menit.
1. Eksporasi
:
Memberikan informasi
mengenai pembelajaran yang akan dipelajari,
Melakukan teknik
forehand yang baik.
2. Elaborasi
:
a. Latihan.
Anak dibariskan dua berbanjar. Anak baris paling depan mengontrol bola dengan
bad setinggi kepala dengan cara dipantulkan, sambil berjalan kegaris depan. Kemudian kembali lagi
kebarisan, dan orang selajutnya melakukan kemabali.



Gambar
3. Latihan forehand tenis meja
b. Permainan.
Anak dibariskan dua berbanjar, anak baris pertama atau paling depan melakukan
teknik mengontrol bola/ memantulkan bola pimpong setinggi atas kepala
secepatnya sampai garis yang berada di depan, dengan jarak 5 M, setelah sampai
anak mengoper bola ke teman kedua dengan pukulan forehand, setelah itu anak
tersebut masuk kebarisan selajutnya.
Yang kalah akan
mendapatkan hukuman, lompat 10 x.
3. Konfirmasi
:
Guru bertanya kembali
tentang materi yang telah di ajarkan.
c) Penutup
20 menit.
Berbaris, pendinginan,
evaluasi, tugas-tugas, berdoa dan bubar.
I. Sumber
belajar/ Pembelajaran :
1. Ruang
terbuka
2. Bola,
bad, pluit, stop watch, corn
3. Buku
tes, referensi
4. Lembar
kerja proses belajar
J. Penilaian
: